Motor ac adalah motor yang sumber tegangannya bolak-balik (ac). Terdapat dua jenis motor ac, yaitu : motor induksi dan motor sinkron.
gambar 1. motor induksi 3 fasa
Motor induksi adalah motor yang sumber tegangan ac nya dihubungkan pada stator bukan pada rotor. Stator adalah bagian dari motor ac
yang terdiri dari kumparan (batang konduktor yang dililiti kawat) yang
statis (diam). Ketika ujung kawat stator dihubungkan dengan sumber
tegangan ac, maka arus akan mengalir melalui kumparan stator. Akibatnya
akan timbul medan magnet yang melingkari stator. Medan magnet yang
dihasilkan akan memotong kawat rotor. Rotor adalah bagian dari motor ac
yang bergerak (berotasi). Akibatnya kawat rotor akan timbul arus karena
terkena medan magnet stator (hukum faraday). Arus yang timbul akan
menghasilkan medan magnet pada rotor. Putaran Medan magnet pada rotor
akan melawan putaran medan magnet pada stator sehingga kawat rotor akan
berputar. Perbedaan kecepatan putaran medan magnet stator dengan medan
magnet rotor dinamakan “slip”.
Gambar 2. motor sinkron
Motor sinkron adalah motor yang sumber tegangan ac
nya juga dihubungkan pada stator tetapi pada rotornya juga diberikan
tegangan yang bersifat dc. Motor sinkron tidak dapat
start sendiri, jadi harus dibawa pada kecepatan yang mendekati kecepatan
sinkron sebelum motor dapat terus berputar sendiri. Fungsi sumber
tegangan ac pada stator adalah untuk melakukan start putaran pada rotor
sampai kecepatan tertentu (sekitar 95% kecepatan motor sinkron).
Masih terdapat slip antara kecepatan putar medan stator dan rotor.
Keberadaan slip ini kemudian dihilangkan / diminimalisir dengan
memberikan sumber tegangan dc pada rotor. Sehingga kecepatan medan
magnet putar stator sama dengan kecepatan medan magnet putar pada rotor.
Jadi urutan cara kerjanya adalah menyalakan sumber tegangan ac pada
stator tetapi sumber tegangan dc pada rotor dimatikan dulu. Setelah
rotor mulai berputar (start) dan telah mencapai kecepatan tertentu, baru
kemudian sumber tegangan dc pada rotor dihidupkan untuk menutupi
keberadaan slip. Sifat dari motor sinkron adalah kecepatannya yang konstan ketika tanpa beban ataupun diberi beban.
Rabu, 10 Desember 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar